Monday, April 18, 2016

PCX Tertinggal dari NMAX, AHM Bergeming

Yamaha sukses kuasai penjualan di segmen Skutik berbodi bongsor di pasar sepeda motor nasional, melalui andalannya NMAX. Prestasi ini sukses menggeser Honda melalui PCX sebagai penguasa terlebih dulu.  Harga Yamaha NMAX 

Mengutip data penjualan dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), selama 2015 keseluruhan NMAX yang terjual meraih 122. 046 unit. sedang Hinda cuma dapat jual 3. 582 unit PCX pada periode yang sama.  Spesifikasi Yamaha NMAX 

Banyak yang memiliki pendapat satu diantara aspek terpenting kalahnya PcX dengan NMAX yaitu lantaran aspek harga. Bagaimana tak, NMAX di bandrol Rp 24 juta (non ABS), sampai Rp 27, 9 juta (ABS) sedang PCX Rp 39, 8 juta, semua bertatus on the road Jakarta.

Lalu, pertanyaan yang kerap di sampaikan beberapa mass media pada PT Astra Honda Motor (AHM) yaitu kapan PCX di produksi lokal di Indonesia?

Sekarang ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sudsh merakit lokal NMAX di Indonesia. Memakai komoonen lokal, pasti bisa menghimpit harga jual hingga lebih kompetitif. Sedang, AHM masihlah mengimpor PCX dengan cara utuh atau mungkin dengan status completely built up (CBU) dari Vietnam.
Menyikapi pertanyaan itu, Direktur Pemasaran PT AHM Margono Tanuwijaya menyampaikan, pihaknya belum dapat mengambil keputusan apakah PCX dapat atau tak di produksi dengan cara lokal di Indonesia.

“Belum tahu kapan bakal di produksi lokal, ” kata Margono singkat menjawab pertanyaan KompasOtomotif, di sela-sela acara test ride All New Honda CBR150R di Sirkuit Karting Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (18/2/2016).

Tentang jualan NMAX yang laris keras, Margono bergeming. Malah, keadaan seperti itu dikira dapat membuat pasar yang positif. Menurut dia, penjualan PCX walau masihlah berstatus CBU Vietnam telah cukup bagus.

“Masing-masing perusahaan ada prioritas semasing, ” ucap Margono sembari tersenyum.

Terlebih dulu, Margono pernah menyampaikan, walau telah dirakit lokal di Indonesia, harga PCX masihlah ada diatas Rp 30 juta. Sebab, AHM tetaplah menginginkan memberi beberapa feature paling baik pada konsumennya di Tanah Air. “Pastinya kita tidak ingin turunkan spesifikasi PCX cuma untuk menghimpit harga jual, ” tutur Margono sekian waktu lalu.

No comments:

Post a Comment